PowerNet Riwayatmu :)

PowerNet

Bagaimana sih PowerNet itu ? Saya menyadari PowerNet memang tidak sebesar dan sesempurna seperti perusahaan yang corporation umumnya, karena perusahaan ini hanya di kelola oleh private owner yang skalanya hanya private bussiness, dan tentunya tidak ada pakem SOP maupun jobdesk spesifik seperti pada corporation besar pada umumnya, disini semua tergantung kapten alias ownernya. ya yang namanya kerja ikut orang, kita harus bisa fleksibel. diatas kertas memang tidak dituntut memang untuk menjadi superman, tapi secara tidak langsung terkadang kita harus bisa multi talent untuk bisa menghadapi keadaan dan kebutuhan perusahaan. ya terkadang saya harus bisa jadi teknisi internet sekaligus bisa jadi teknisi cctv, bisa jadi teknisi listrik, bisa jadi tukang ukur tanah dan macem macem.

Tujuannya biar apa to? biar bisnis ini terus berjalan, terus bisa mendapat kepercayaan pelanggan jika kita telaten merawat customer, terus konsisten dan punya komitmen serius dalam pekerjaan ini. kalo bisnis jalan, ada uang tentunya bisa untuk membayar salary kita.

Memangnya Sulit Bisnis di Liberia ? kalo melihat kerasnya kondisi negara ini, iklim usaha disini, karakter orang lokal sini dan model kerjanya orang sini itu benar benar sulit mendukung kemajuan bisnis.  bisa saya bilang bekerja di perusahaan lokal di negara ini memang chalenging sekali. saya tidak bilang sulit untuk bekerja di perusahaan ini, hanya saja memang perusahaan semacam ini cocoknya hanya untuk orang orang yang benar benar niat, mental dan komitmennya kuat. karena akan banyak kesulitan kesulitan yang bisa saja muncul setiap saat. bagi orang yang tidak siap mungkin kaget dan mengeluh, namun bagi sebagian orang lainnya mungkin bisa menganggap ini adalah sebuah tantangan yang harus di hadapi dan ketika melaluinya dengan baik maka membuat kita semakin bertambah pengalaman dan kemampuan diri. karena semua itu tinggal sebuah sudut pandang, apakah kesulitan ini kita anggap sebagai masalah, atau sebagai tantangan.

Mengapa harus merekrut Expatriat ? perusahaan ini memang bukan perusahaan besar, namun perusahaan ini rela mengeluarkan ribuan dollar tiap bulan untuk merekrut kita, supaya dapat memberikan yang terbaik kepada customer dengan segala keterbatasan resource yang ada di Negara ini. dengan merekrut ekspatriat perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja yang punya skill, niat dan komitmen yang jauh lebih baik daripada tenaga kerja lokal. sama seperti yang pernah saya tulis di postingan yang lalu bahwa perusahaan ini Rela membayar lebih !!

Harus siap dengan kondisi yang bagaimana ? Perusahaan memang memberi fasilitas akomodasi, Apartemen lengkap ( Listrik, Air, Dapur, Kamar mandi, Kamar Tidur, AC, TV, WIFI 24 jam bisa tetap updates dan selalu berkirim kabar ke Indonesia ). namun ada kalanya semua tidak berjalan seperti seharusnya. misalnya, Generator Bermasalah. negara ini kan memang krisis listrik, seperti yang sudah saya ulas. jadi kita hanya mengandalkan generator yang selalu menyala. sekuat kuatnya generator, pasti ada kalanya KO juga. nah kondisi demikian kadang kita harus memakai generator yang kecil, atau malah parahnya sama skali tidak ada generator ( seperti yg sudah sy ulas juga ). kondisi demikian harus kita bisa maklumi, kita tidak hidup di negara maju.

Memangnya ada yang komplain ? Ada 😀

Om, saya ngga bisa nih kalo tanpa AC, perjanjiannya kan ngga gini, katanya ada AC, Om ngga bilang dari awal sih ” ( hal macam ini ya saya pikir sesuatu yang bukan big deals, bisa di maklumi. tp ya sudah gpp sy terima komplainnya 😀 )

saya cuma bisa bilang, ” ya sabar dulu ya ini pake genset kecil dulu, nanti kita cari solusi “

ya saya ngalahi ac ruang server sy matikan, lampu2 kantor dan pc server yang sekiranya ga begitu penting sy matikan, biar beliau bisa pake AC.

Lalu kesulitan apa lagi yang mungkin timbul ? PowerNet ini bergerak di bidang jasa Internet ( ISP ), tentunya melayani customer 24 x 7. walau kita tidak harus selalu ngantor 24 x 7, namun jika terjadi trouble di pelanggan, ya kita harus siap menangani walau jam berapapun di butuhkan, loyalitas ini lah yang dibutuhkan ketika kita bekerja di ISP, di ISP manapun ga hanya di PowerNet. namun lagi lagi ada juga yang complain

wah maap Om, saya butuh istirahat. saya sudah kerja, jadi saya butuh istirahat. Om ngga bilang dari awal sih kalo kerjanya harus begini. ” ( padahal di kontraknya juga sudah di tulis – Scoope pekerjaanya customer satisfied, jika dibutuhkan urgent harus siap sewaktu2, trouble juga ngga tiap malam, juga ngga tiap minggu, bisa di hitung jari troublenya.. minimal customer di respons dlu, perkara eksekusinya besok paginya atau hari seninnya. tapi ya sudah, lagi lagi “dari awal ngga bilang gitu“)

Karyawan lain ngga ada?  ada. tapi seperti saya bilang sebelum sebelumnya, kita tidak bisa mengandalkan orang sini, etos kerjanya sangat buruk, tidak profesional, tidak tepat waktu, tidak perduli dengan customer satisfied. walaupun orang sini kita gaji ribuan USD, mereka tetap sama.. kualitas mereka sangat jauh dari profesional kerja, diajarin sedikit, udah merasa pinter, merasa jago, merasa gajinya layak di tambah, tapi tanggung jawabnya tidak ada. untuk itu lah PowerNet merekrut orang Luar ( expatriat ), rela menggaji yang tujuh kali lipat lebih banyak dari tenaga lokal dengan tujuan dan harapan kita ini berbeda dengan mereka, lebih baik, lebih loyal, lebih komitmen, lebih serius dan lebih care terhadap bisnis dan customer. kalo rekrut ekspatriat tapi modelnya ngga jauh beda sama orang sini buat apa.. Nuntut Gaji Butaaa ? kita di beri gaji lebih itu untuk membantu perusahaan, menyelesaikan persoalan, menangani trouble shooting dan meningkatkan penjualan. jika customer puas dengan pekerjaan  kita, mereka akan dengan senang hati merekomendasikan PowerNet ke relasi mereka.

Saran untuk new expat ?  saran untuk kalian yang berminat kerja di Liberia. ya baca lagi lah smua blog ini. kalo yakin sanggup hidup di Liberia dengan segala Plus Minusnya, ya silahkan datang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s