Ke Liberia, Apa Saja yang diperlukan ?

ROB-Terminal-1024x685

Liberia, Negara ini tidak begitu besar hanya seluas 43ribu mil persegi atau sekitar 112ribu kilometer persegi. populasi di negara ini hanya sekitar 4600 juta jiwa, dibandingkan dengan populasi penduduk di Indonesia, tentunya tidak ada apa apanya hehehe..

Jika kamu berkesempatan untuk bekerja di Liberia, atau sekedar berkunjung untuk keperluan pekerjaan, tidak ada salahnya kamu cek daftar keperluan yang perlu kamu siapkan berikut.

1. Passport

Tentu setiap berpergian ke luar negri butuh Passport, namun disini ditekankan adalah passport yang masih aktif dengan masa berlaku minimal 6 bulan sblm masa kadaluarsa.

2. VISA

Liberia tidak memiliki kedutaan di Indonesia, maka untuk memasuki Liberia kamu membutuhkan VISA On Arrival yang dibuat di Liberia oleh pihak yang mengundang anda, visa tersebut akan di tunjukkan di airport oleh pihak pengundang ketika menjemput anda dan soft copy akan dikirimkan kepada anda sebelumnya melalui Email.

Visa On Arrival juga bisa didapatkan di Airport Liberia, namun untuk mendapatkan VoA sendiri di Airport akan membuat anda mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan 🙂

3. Re-Entry Permit

Jika kamu bekerja permanen di Liberia atau sering datang dan pergi ke liberia, tidak ada salahnya memiliki Re-Entry Permit. Re-Entry permit ini menggantikan visa ketika anda memasuki Airport.

Biasanya perusahaan akan membuatkan re entry permit supaya tidak perlu membuat visa terus menerus ketika anda keluar masuk Liberia.

4. Yelow Fever

Yelow fever ini penting. selain untuk kesehatan, melindungi kamu dari virus kuning akibat gigitan nyamuk, yelow fever ini juga penting untuk menghindarkan kamu dari Pungutan Liar yang tidak perlu di area Airport.. 😀 karena pungli disini very bad..

5. Tiket PP

Maskapai Penerbangan yang melayani Rute Liberia mewajibkan semua penumpang yang menuju Liberia membeli tiket PP ( return ) atau dua arah. kecuali untuk warga negara liberia atau orang yang memiliki resident permit di liberia.

kebijakan ini diperlukan untuk menjamin maskapai bisa memulangkan penumpang ke tempat asal jika di tolak oleh pihak airport di liberia.

6. Dollar Pecahan Kecil

Ini akan membantumu menghadapi ketidaknyamanan yang bisa datang sewaktu waktu 🙂 pungli dari petugas dan pemaksaan dari pengemis akan menghiasi pengalamanmu, demi kelancaran, ya kasih saja lah.. di maklumi 😀 karena jika kamu pelit bisa bisa kamu di pulangkan kembali pake maskapai yang sama :p

7. Resident Permit & Work Permit

Jika kamu sudah mantap dan kerasan bekerja di Liberia, segeralah mengurus resident permit dan work permit di minggu minggu pertama. supaya ketika masa tinggal visa mu berakhir, resident permitmu sudah siap digunakan.

— 00 —

Semoga tulisan ini membantu anda dan menginspirasi anda.

Salam 🙂

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.