Living Cost di Monrovia, Liberia. – Part 2

WEB_PHOTO_TUKTUK2_29022016

Living Cost sangat bervariasi, tergantung dari bagaimana kita memilih menjalaninya. selain mengenai kebutuhan makan dan minum, berikut ini adalah gambaran biaya hidup di ibukota Monrovia, Liberia.

1. Akomodasi

Akomodasi disini adalah tempat yang akan kamu tinggali. jika kamu hanya sekedar berkunjung, bermacam pilihan hotel disini mulai dari 80USD semalam hingga yang 400USD semalam. banyak hotel – motel yang bagus dan berstandar minimal sekelas bintang tiga. mostly operated by lebanesse people.

notes : Jangan mencoba hotel lokal karena anda akan mendapat pengalaman yang kurang menyenangkan bahkan buruk. 

Umumnya jika kamu bekerja disini, pihak perusahaan atau kantormu akan memberikan fasilitas apartemen atau mess. namun jika kamu memang harus mencari kontrakan sendiri, disini rental fee kontrakan untuk standar layak expat mulai dari 600USD perbulan hingga 6000USD perbulan.

2. Transportasi

Transportasi akan saya bahas mulai dari tiket bolak balik – PP,  hingga transportasi lokal di Monrovia sendiri. Umumnya jika perusahaan yang memperkerjakan kamu, makan perusahaan akan menanggung biaya transport kamu dari negara asalmu sampe ke Liberia – pulang dan pergi. namun bilamana kamu ingin membawa keluargamu sendiri, hal ini mungkin perlu kamu baca dan kamu simak.

LiberiaLiving

Flight Rate Jakarta – Monrovia, rata rata minimal berada di harga 1.100USD  sekali trip, atau minimal 1.600USD untuk trip bolak balik. terkadang kalo beruntung bisa dapat 800USD skali trip. hal ini bisa berubah ubah mengikuti musim liburan atau tingkat okupansi penumpang pada saat itu. penerbangan murah biasanya melewati maroko & qatar. namun kalo beruntung km jg bs dapat tiket lewat dubai, turki atau amsterdam.

Transportasi Lokal di Monrovia, umumnya di sediakan Perusahaan untuk kebutuhan transportasimu. namun jika kamu ingin mencoba menjelajah sendiri ( walau tidak disarankan) kamu bisa mencoba beberapa alternatif berikut.

Di kota ini banyak bajaj dan ojek motor. bajaj atau disini disebut “kehkeh” ( dibaca – keihkeih ) banyak berlalu lalang di jalan, tarifnya pun menyesuaikan jarak, umumnya untuk 2 km pertama 20LD dan selanjutnya per 2km kira kira tambah 10 LD, pokoknya negosiasi 😀

Bajaj disini tidak private bajaj spt di jakarta namun shared passenger. bajaj bisa berhenti dan menaikkan penumpang lain ditengah jalan. FYI, satu unit bajaj bisa memuat 5 penumpang + 1 supir. 3 di kursi belakang + 2 disamping driver :D.

_82761494_dscf2140

Ojek motor disini di sebut “PamPam” ( dibaca – pempem – karena sering nglaksonin). sering jg disebut BIKE !!, or TAXIMOTO, or MOTOBIKE, ah gitu lah pokoknya. Ojek ini lebih private, bisa memuat 2 passenger + 1 driver ( minus helm 😀 – skali jatoh inalilahi ). untuk naik ojek ini tarifnya sedikit lebih mahal. 50LD per 2 km skali tarik, tergantung jarak dan negosiasi.

challenge

Selain Bajaj dan Ojek, ada juga TAXI berwarna kuning. tapi jangan kaget yaa.. taxi disini tidak pake argo, dan shared passenger, yakni mengangkut penumpang lain di tengah jalan.

Angkutan pake mobil disini dianggap TAXI tapi bagi kita mobil ini adalah ANGKOT :D. tarifnya sebelas -duabelas alias hampir sama dgn tarif bajaj, sekitar 30 LD untuk jarak dekat. jarak jauh ya nego sendiri :D. mobil taxi ini tidak satu model, bermacam model dari yang sedan standart hingga yang sedan minivan hatchback ( macam mazda vantren kalo masi inget 😀 ) bahkan ada yang model SUV yang jadi taxi. pengelola taxi bukan sebuah entity organisasi atau perusahaan. melainkan bebas perorangan, tidak ada standart, tidak ada aturan main. benar benar bagi kita adalah ANGKOT. satu armada taxi sedan, bisa memuat 6 penumpang + 1 Driver. dan bisa bertambah jika dirasa kursi masih muat :D.

Ada juga BUS yang beroperasi, tapi ini tidak saya sarankan untuk expat. BUS ini lebih murah dari yang lain tapi tidak se fleksibel transportasi yang lain. krn rute bis nya terbatas.

— continue -o0o- next part — 

 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.