Bekerja di Liberia

30713193_10211720214736133_6074189032017887232_n

Halo Lagi πŸ™‚, Temen saya bilang, kalo saya aktif ngeblog berarti saya lagi galau atau sedang gelisah haha.. bisa iya bisa tidak, yang jelas kali ini ada waktu luang yang cukup aja untuk ngeblog dan aktifitas bebas lainya. ngga seperti dulu waktu awal awal kerja hingga tahun kedua menjelang tahun ketiga, masih fulltime work πŸ™‚ krn hampir dibilang single fighter jadi sapi perah perusahaan sendirian tanpa partner. πŸ˜€

Eh Ngomong ngomong, Orang Asing yang Bekerja di Liberia secara umum itu bagaimana sih? Expats, sering dibilang demikian walau saya tidak merasa demikian :D, ya sebenarnya kalo pekerjaan dimana mana sama ya, kadang juga ada moment yang sulit, mudah, capek, nyantai dll. tapi yang membuat bekerja di Liberia jadi ‘tidak biasa’ itu adalah lingkungannya. lingkungan ya bisa dibilang area yang kita tempati atau bisa juga orang orang lain yang bekerja bersinggungan dengan kita.

Kenapa Lingkungannya,
Lingkungan disini aneh, selain aneh jam 7 pagi baru keluar matahari dan jam 8 malam matahari baru tenggelam, disini lingkungannya ‘Tidak Bebas’. kenapa tidak bebas ? demi keselamatan mu sendiri, lebih baik penjarakanlah dirimu sendiri hehe, tidak usah keluyuran apalagi kalo malam. Believe me !! saya tidak sarankan kalian jalan jalan ga jelas haha hihi sendirian, walau itu siang hari mau ke supermarket atau warung makan kek.. cobalah untuk mengajak minimal 1 orang lokal untuk membantumu menghindari hal hal yang buruk tiba tiba bisa terjadi. atau mending Tidak Usah Pergi Kemana mana! kecuali kamu naik Mobil !

Malam Hari ?
Apalagi Malam hari, Dont Try it my brother. Sayangi nyawa anda dan keluarga dirumah,Β  walau kamu jagoan dikampung, di Indonesia. belum tentu kamu jagoan disini πŸ˜€ – kaloo sampe modar, biaya pulangnya tidak sedikit. ekspedisi jenazah 4x lipat tiket PP orang yang masih hidup πŸ˜€

Keamanan?
Keamanan tai kucing. disini keamanan adalah sebuah komoditi, dimana negara ini di set sedemikian rupa, supaya orang merasa tidak aman ( terutama orang asing ), sehingga harus menyewa satpam, atau private security selama 24 jam non stop. nah inilah cara negara ini membuka lapangan pekerjaan πŸ˜€ adalah dengan menjadikannya mereka satpam, karena kebutuhan satpam disini melebihi kebutuhan tenaga asisten rumah tangga di indonesia. di Indonesia pembantu paling butuh satu, disini satpam minimal dua haha.

Hidup Dengan Teror?
Teror, itu sudah biasa! 3 kali kamarku hampir dibobol maling, paling terakhir malingnya jatoh, di gebukin sekampung mati!. padahal yang nge-gebukin itu maling – maling juga, cuma lagi ngga pas shiftnya dia maling. :D. Di Kota ? iya ini di ibukota lho, pusat negara. apalagi yang di pedalaman liberia yang di perusahaan perkebunan kelapa sawit. you can answer your self πŸ˜€ tidak ada hukum disana, hukum rimba yang ada hehe.

Playing Victim !.
yak, selain masalah diatas, disini yang ngga asiknya itu mereka suka playing victim. karena bagi mereka, orang asing itu banyak duit, jadi gimana caranya dijebak supaya keluar duit. sengaja aja mereka suka bikin kesal, kalo kita kasih tau mereka kerja yang benar, diajari kerja bener biar mudeng dengan sedikit nada tinggi, mereka langsung lapor mentri tenaga kerja πŸ˜€ jadi yang ngajarin bener malah dipenjara dan disuruh bayar denda. jadi bagi mereka, biar mereka bodoh, males, ngeselin, kaga guna, ga usah di katain, ga usah di ingetin, ga usah di ajarin pokoknya suruh ngebiarin, kalo sampe kita lurusin ntar dilaporin mentri dengan dalih perbudakan dengan paksa haha. digertak aja lapor mentri apalagi digampar, auto masuk penjara lu πŸ˜€

Pencuri Ulung !.
Selain aktor playing victim terbaik, pekerja lokal disini punya keahlian mencuri yang tidak ada tandingnya, kalo perlu masuk muri dapat sertifikat atau di adakan pencury got talent πŸ˜€ – ya seperti postingan yang udah udah, mereka itu lihai skali dalam mencuri hal hal yang sekiranya lengah kita awasi, contohnya obeng, tang, kunci pas, dan hal hal peralatan kecil lainnya. ya itu sih dibanding gaji kita nilainya ga seberapa, tapi bikin KZLLLL… karena waktunya kita butuh barangnya ga ada. kita ngerti yang maling siapa, jelas jelas dia yang bawa, tapi kita ga boleh nuduh apalagi marah, takut sama pak mentri haha..

Kok Ngambil gituan ?
Iya, kalo orang orang itu adalah orang yang km kenal dan sering bergaul dgn km, dia ambil barang2 sepele yang sekiranya lengah pengawasan. jadi kalo ada hape sama remot ac di meja, kita lagi sibuk ngerjain sesuatu, dia akan ngambil remot ac, daripada hp. krn hape langsung ketauan sedangkan remot ac diluar pengawasan. jadi ketahuan ilangnya entar πŸ˜€ mayan lho remot ac bekas dijual $2 per biji, disini masih laku.
Makin hati hati lagi kalo sama orang yang ga pernah bergaul dan ga kenal, dia ngambilnya yang ekstrim, kadang HP kadang Laptop. walau itu jelas didalam kantor kita πŸ˜€ tp mereka yang bertamu ( kadang pura pura tamu ) tau tau nekat ngambil kalo kita lengah :D.

Tidak ada Hukum?
Ada tapi itu berlaku untuk kita, tidak berlaku untuk mereka πŸ˜€ jadi kalo di pengadilan, atau di kantor polisi, mereka sudah auto menang apapun dosanya πŸ˜€ jadi lebih baik ga usah berurusan sama mereka dalam hal urusan hukum πŸ˜€ – wong edan kwi bebas – menangan, wis sing waras ngalah πŸ˜€

Tidak semuanya Mengerikan πŸ˜€
Gambaran diatas adalah sebagian dari hal hal yang kurang menyenangkan yang bisa saja terjadi ketika kita disini, tapi tidak lantas semua yang dialami disini mengerikan :D. ada banyak hal hal yang menarik dan menyenangkan juga. selain itu kita juga jadi lebih fasih ber bahasa inggris, karena sehari hari kita pake inggris, kita juga bisa mengambil makna makna, pelajaran dan pengalaman berharga selama disini. karena saya percaya kesulitan kesulitan yang di alami disini mengajarkan kita untuk berbuat yang extraordinary, membuat kita jadi lebih strong, bagi sebagian orang juga jadi lebih bertakwa karena doa terus menerus wwwkwkwk πŸ˜€

Anyway, this is Africa, this is Liberia, mau makan susah ( karena susah cari restoran yang cocok sama lidah asia, kalo ada jg harganya membuat jantung sesak haha ), mau masak sendiri juga susah karena rempah rempah bahan masakan ga lengkap, kalo nekat dimasak juga rasanya jadi aneh, ga kemakan :D. mau coba makan selera lokal juga ragu ragu, karena gak highienis dan rawan muntaber πŸ˜€ kalo ga kuat, mati lu disini ! wkwkw..

Saran !
Banyak nih ya lowongan kerja, kesempatan kerja di Liberia, bermacam macam sektornya. ada yang IT seperti PowerNet, ada yang Perkebunan, Palm Oil sprti GVL dan EPO, ada juga perusahaan logging kayu, atau misi UN ( PBB ) dan lain sebagainya. saran sih ya, kalo memang mau kerja di Liberia, ada yang ngajakin atau memang berminat ada lowongan di perusahaan di Liberia, sebaiknya perhatikan hal hal berikut :

  • Pastikan Gajinya Worthed dengan skill pekerjaanmu ditambah faktor resiko dari kesulitan – kesulitan yang mungkin akan kamu alami selama disini.
  • Pastikan perusahaanmu jelas track recordnya, punya website dan kontak yang bisa di cari via internet. International company lebih prefered, yang mungkin punya representasi di Indonesia juga lebih prefered.
  • Pastikan Perusahaanmu menanggung akomodasi dan dokumen ( work permit & resident permit ) kamu selama tinggal di Liberia. mess yang layak dan kendaraan transportasi kantor itu mutlak, karena mess yang tidak layak, sebesar apapun gaji kamu, sekali kena malaraia.. wassalam. ( kategori layak – air, sanitasi, listrik, kebersihan, keamanan, lokasi dll )
  • Hindari Perusahaan perorangan, terutama yang di miliki oleh orang Lebanon, atau rumpun India. selain mereka punya kecenderungan untuk mempekerjakan seperti budak, mereka juga ada kecenderungan untuk terjadinya pelecehan seksual. tapi tidak semua orang lebanon demikian, tidak sedikit pula yang baik, profesional dan perusahaanya bonafit seperti PowerNet :D. tapi tetap hati hati karena hal hal negatif diatas tadi itu memang ada dalam jiwa dan darah mereka. serigala tetaplah serigala πŸ˜€ kalo orang rumpun india, lupakan saja! selain pelit, memperbudak pekerja dan cenderung asusila.
  • Pastikan ada Kontrak tertulis, dengan perusahaan jenis apapun yg mempekerjakan kamu selama disini.

Jika sudah bekerja disini :

  • Pastikan perusahaan sudah mengurus Resident Permit dan Work Permit, karena kalo ada pelanggaran disana, skecil apapun anda akan masuk penjara seketika !
  • Pastikan dokumenmu valid, pasport, masa tinggal etc. tidak melewati batas. sekali melewati batas, dan ketahuan.. saya kunjungi di penjara πŸ˜€
  • Selalu simpan uang darurat ! – sisihkan uang sekitar USD$1500 – $2000 kunci dan simpan baik baik ! ini bisa kamu gunakan dalam kondisi darurat, jika kamu harus meninggalkan negara ini mendadak. jaga jaga bila perusahaanmu tidak bisa memfasilitasi kamu seketika.
  • Jangan percaya pada BANK di Liberia. anda bisa menabung tapi tidak akan bisa ditarik, kekurangan uang cash atau langkanya USD di bank, itu sudah menjadi kebiasaan sehari hari BANK disini.
  • Jangan mengirim uang banyak banyak ke Indonesia, Kirim seperlunya dibawah $1000. saya biasanya cuma di angka $600. sisanya di cash aja dibawa pulang besok pas mudik. mengapa ? karena niatmu ngirim, uang berhenti dibank, uangnya hilang entah di tahan bank alesan trouble dll, kamu mau ngadu ke siapa ? dan itu sudah lazim alias biasaaaaaa……… mendadak hilang uangnya.
  • Temukan sendiri bahagiamu, karena hati yang gembira adalah obat!. kalo saya kebetulan suka masak dan ngeblog. karena kalo jenuh kerja terus dan tidak ada hiburan apalagi tertekan dengan keadaan di sini, bisa cepat mati.. bertemu Tuhan πŸ˜€

– Hanya yang bernyali yang berani bekerja disini.. Kamu Berani? yuk masukin lamaran kamu ke adhielesmana@gmail.com

Salam Ngeri πŸ˜€
Adhie Lesmana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.